BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Permasalahan konsumen selalu menjadi hal yang diperdebatkan. Masalah konsumen adalah masalah manusia yang juga berhubungan dengan kesehatan manusia dan tidak lepas dari unsur di luar kesehatan seperti misalnya unsur keagamaan.
Beberapa contohnya adalah:
Makanan kadaluarsa yang kini banyak beredar berupa parsel dan produk-produk kadaluarsa pada dasarnya sangat berbahaya karena berpotensi ditumbuhi jamur dan bakteri yang akhirnya bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian.
Daging sisa atau bekas dari hotel dan restoran yang diolah kembali. Beberapa
waktu lalu publik digemparkan dengan isu mengenai daging bekas hotel dan
restoran yang diolah kembali atau dikenal dengan sebutan daging limbah atau
daging sampah yang tentu saja selain berbahaya bagi kesehatan, juga menipu konsumen karena menggunakan daging dan olahan yang telah dibuang sebagai makanan segar.
1.2 Identifikasi Masalah
Bertitik tolak pada latar belakang, dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
Bagaimanakah reaksi konsumen atas penipuan-penipuan yang dilakukan oleh menjual atau produsen makanan?
Bagaimanakah tata cara proses perlindungan hukum terhadap konsumen atas penipuan yang marak terjadi oleh pelaku penjual atau produsen makanan?
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1.
2 Hak-Hak Konsumen
Hak keamanan dan keselamatan
Hak mendapatkan informasi yang jelas
Hak memilih
Hak untuk didengar pendapatnya dan keluhannya
Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen.
Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif
• Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
Membaca dan mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian yang benar.
Beritikad baik dalam transaksi pembelian barang atau jasa.
Membayar sesuai kesepakatan....If you want to get a full essay, order it on our website: Ordercustompaper.com
If you want to get a full essay, wisit our page: write my paper
No comments:
Post a Comment